Pemerintah
Kabupaten Bima

Terwujudnya Kabupaten Bima Yang RAMAH
(Religius, Aman, Makmur, Amanah, Handal)

Berita terkini
  • Latsar CPNS Formasi Umum Pemkab Bima Resmi Ditutup
  • Duta Kabupaten Bima Tampil di Lomba LASQI Tingkat Nasional
  • Bupati Bima Terima Penyampaian Aspirasi Petani Bawang 
  • Sidak Dinas Kesehatan, Bupati Bima Pimpin Apel    
  • IDP Terima Anugerah Bupati  Tangguh Vaksin 
  • Belanja Kabupaten Bima TA. 2022 Rp 1,80 Triliun   
Dorong Peningkatan Keterbukaan Informasi Publik, Komisi Informasi Laksanakan Monev

Rizal | 18 November 2021

Bagikan : Second slide Second slide

WARTA KOMINFO. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima, Kamaruddin, S.Sos selaku Ketua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Bima bersama Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Diseminasi Informasi (KPDI), H. Suaeb Yakub, S.Sos serta Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik dan Pengelolaan Informasi Elektronik (PIP), Muhammad Syahdan, ST menerima kunjungan Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), selasa (16/11/2021) bertempat di Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima.

Komisioner Komisi Informasi bertandang ke Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima dalam rangka monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik (Monev KIP) tahun 2021.

Dalam pengantarnya Kamaruddin menyampaikan beberapa inovasi pelayanan PPID Kab. Bima dalam rangka peningkatan pelayanan publik secara cepat, tepat dan sederhana.

"PPID Kabupaten Bima dalam peningkatan pelayanan terus berinovasi dalam usaha peningkatan kualitas layanan secara cepat, tepat dan sederhana, " jelas Kamaruddin.

Ditambahkan Syahdan selaku kepala sekretariat PPID, sejalan dengan peningkatan kebutuhan data dan informasi publik, Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima terus mendorong peningkatan kualitas layanan, baik sumber daya maupun sarana dan prasarana.

"PPID Kab. Bima sejak akhur tahun 2019 mengembangkan layanan permohonan informasi publik secara online berbasis website. Layanan ini dimaksudkan untuk memangkas jarak, waktu dan biaya, " lugas Syahdan.

Disamping itu, Inovasi layanan publik terutama layanan data dan informasi, Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima mengembangkan Sistem Bima Satu Data "SI BISA". Hadirnya "SI BISA" dikembangkan dengan kolaborasi dan sinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD), BAPPEDA dan Litbang Kab. Bima serta pendampingan dari KOMPAK.

"Tahun 2021 Pemerintah Kab. Bima mengembangkan SIBISA berkolaborasi dengan Dinas PMD, BAPPEDA serta pendampingan oleh KOMPAK, "tutupnya.

Diketahui, Komisi Informasi hadir dengan agenda utama Monev Keterbukaan Informasi Publik yang dititikberatkan pada komitmen, inovasi dan layanan publik.

[Tim Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Bima]

Second slide

JL. SOEKARNO HATTA NO. 1 KOMPLEK KANTOR BUPATI BIMA GODO-WOHA KABUPATEN BIMA

Second slide

PPID UTAMA
DINAS KOMINFO DAN STATISTIK KABUPATEN BIMA
JALAN GAJAH MADA NO. 100 RABA-BIMA

Second slide Second slide Second slide