Pemerintah
Kabupaten Bima

Terwujudnya Kabupaten Bima Yang RAMAH
(Religius, Aman, Makmur, Amanah, Handal)

Berita terkini
  • Pemkab Bima Terima Bantuan APD dari Perusahaan Telekomunikasi
  • Museum Asi Mbojo Gelar Pameran Literasi Sejarah 
  • Kinerja Penanganan Stunting Kabupaten Bima Dinilai Tim Provinsi
  • Bermitra dengan Sejumlah OPD, IPEMI Gelar Kurasi Jajan
  • IPEMI Bekali 14 Orang Pengrajin Tas
  • Musdes Penapali-Woha Himpun 400 Aspirasi Warga
Pendidikan
Bagikan : Second slide Second slide

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan mutu sumberdaya manusia. Dengan pendidikan dapat ditingkatkan pengetahuan dan ketrampilan yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan produktivitas. Pendidikan dapat pula dilihat sebagai investasi sumberdaya manusia dan hasilnya akan diperoleh beberapa tahun.

Pendidikan memegang peranan kunci untuk mencetak SDM yang berkualitas, karena proses pendidikan dapat merubah pola pikir masyarakat. SDM yang berkualitas akan menjadi aset pembangunan pada masa yang akan datang. Oleh karena itu, informasi mengenai situasi dan kondisi terkini pendidikan penduduk sangat diperlukan untuk perencanaan pembangunan. Kondisi pendidikan penduduk secara tidak langsung juga dapat menggambarkan tingkat kesejahteraan penduduk. Semakin baik kondisi pendidikan penduduk, akan mencerminkan peningkatan tingkat kesejahteraan penduduk.  

Secara nasional tingkat pendidikan di Indonesia masih rendah, yakni masih setara dengan SMP kelas 1. Demikian halnya dengan tingkat pendidikan di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih tergolong rendah, yakni setara dengan tingkat SD pada tahun 2015 (rata-rata lama sekolah 6,71 tahun), sementara di Kabupaten Bima 7,36 atau setara kelas 1 SMP.  Dengan kondisi pendidikan penduduk yang tergolong rendah, maka diperkirakan sulit bagi NTB umumnya dan Kabupaten Bima khususnya akan mencapai kemajuan secara lebih cepat. Untuk itu, diperlukan  upaya lebih serius semua pihak pemerintah, LSM, dan masyarakat membangun pendidikan.

Selengkapnya >> DOWNLOAD HERE  <<

 

Permohonan Informasi Publik

Anda dapat mengajukan permohonan informasi kepada pejabat pengelola informasi daerah (PPID)

Agenda Kegiatan

  1. 1.

    PENGAJUAN KEBERATAN

  2. 2.

    Pengumuman CPNS

Second slide

JL. SOEKARNO HATTA NO. 1 KOMPLEK KANTOR BUPATI BIMA GODO-WOHA KABUPATEN BIMA

Second slide

PPID UTAMA
DINAS KOMINFO DAN STATISTIK KABUPATEN BIMA
JALAN GAJAH MADA NO. 100 RABA-BIMA

Second slide Second slide Second slide