Pemerintah
Kabupaten Bima

Terwujudnya Kabupaten Bima Yang RAMAH
(Religius, Aman, Makmur, Amanah, Handal)

Berita terkini
  • Latsar CPNS Formasi Umum Pemkab Bima Resmi Ditutup
  • Duta Kabupaten Bima Tampil di Lomba LASQI Tingkat Nasional
  • Bupati Bima Terima Penyampaian Aspirasi Petani Bawang 
  • Sidak Dinas Kesehatan, Bupati Bima Pimpin Apel    
  • IDP Terima Anugerah Bupati  Tangguh Vaksin 
  • Belanja Kabupaten Bima TA. 2022 Rp 1,80 Triliun   
Pemkab Bima Adakan Seleksi JPT Pratama

Rizal | 16 November 2021

Bagikan : Second slide Second slide

WARTA KOMINFO. Seleksi terbuka pengisian tujuh Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2021 diikuti 24 peserta. Senin (15/11) para peserta  mendapatkan arahan langsung Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE di aula Kantor Bupati Bima.

Bupati yang didampingi Kepala BKD Kabupaten Bima Drs. Agussalim M.Si  dan Ketua Tim Seleksi Erwin Rahadi S.Psi., M.M mengatakan, peserta yang mengikuti seleksi diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi aparatur sipil negara (ASN) lainnya dalam pengembangan karir. “Para peserta sudah menjalani mulai dari Diklat Prajabatan, Diklat Kepemimpinan hingga mengikuti Seleksi JPT. Hal ini tentunya telah memberi pengalaman dan pengetahuan untuk mengikuti Pansel”. Ungkap Bupati.

Secara khusus Bupati menghimbau agar tidak ada di antara peserta merasa lebih dari yang lainnya, karena ada sejumlah rangkaian tes yang harus dilalui agar bisa lulus dan menduduki jabatan tinggi Pratama di jajaran Pemerintah Kabupaten Bima.

“Sejumlah aspek penilaian harus menjadi perhatian peserta, baik administrasi ASN, kompetensi manajerial, kompetensi keahlian dan rekam jejak calon pejabat. Nanti akan ada psikotes untuk menggali aspek psikologi dan emosi dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang ada. Disamping itu juga ada tes wawancara untuk menggali kompetensi dan kecakapan para peserta berkaitan dengan kemampuan manajerial yang diharapkan sebagai pimpinan Perangkat Daerah. Dengan demikian, nantinya dari 24 peserta ini akan ada beberapa nama yang dipilih dan memenuhi kriteria yang ditentukan.

"Jangan ada ASN yang merasa lebih dan menganggap remeh peserta lainnya. Yang terpenting adalah fokus dan percaya diri dalam menjawab pertanyaan tim penguji sesuai dengan kompetensi dan pengetahuan yang dimiliki. Hal ini memerlukan kesiapan ASN dan pastikan kesiapan fisik dan mental”.  Jelas Bupati.

Seleksi JPT tahun ini menghadirkan lima orang assessor yang dipimpin  oleh Kepala Unit Pelayanan Penilaian Kompetensi Badan Kepegawaian Daerah Provinsi NTB Erwin Rahadi S.Psi., M.M. Kepada Tim Asesor, Bupati menyampaikan terima kasih atas kesempatan mengisi kegiatan seleksi JPT di Kabupaten Bima.

Berdasarkan jadwal panitia, setelah  tahapan seleksi kompetensi manajerial yang berlangsung tanggal 13 sampai 14 November 2021,  akan dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi yang direncanakan tanggal 17 November 2021.

Setelah proses tersebut selesai akan dilanjutkan dengan seleksi kompetensi keahlian dan saat yang sama juga dilakukan penelusuran rekam jejak calon pejabat Pimpinan Tinggi Pratama tanggal 20 dan 21 November 2021. Kemudian ditindaklanjuti dengan penetapan hasil seleksi  dan pengajuan nama calon kepada pejabat Pembina kepegawaian tanggal 22 November 2021.

[Tim Komunikasi Publik Dinas Kominfo dan Statistik Kab. Bima]

Second slide

JL. SOEKARNO HATTA NO. 1 KOMPLEK KANTOR BUPATI BIMA GODO-WOHA KABUPATEN BIMA

Second slide

PPID UTAMA
DINAS KOMINFO DAN STATISTIK KABUPATEN BIMA
JALAN GAJAH MADA NO. 100 RABA-BIMA

Second slide Second slide Second slide