Dinas Kelautan Dan Perikanan Gelar "Aksi Menghadap Laut"

kominfo | 27 September 2019


WARTA KOMINFO. Pantai Kalaki Kecamatan Palibelo yang memiliki panjang 1 km menjadi lokasi kegiatan "Aksi Menghadap ke Laut" Jumat sore (27/9) yang dimulai jam 15.00 sampai jam 17.30 Wita.
            Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma, M.Si mengatakan, perangkat daerah yang dipimpinnya bekerjasama dengan Camat Palibelo Drs. Darwis, Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Bima Ridwan S.STTPi dan Relawan Jao yang dipimpin Kabid Rehabilitasi Aris beserta 7 orang anggota.
               Aksi diawali dengan pembersihan sampah dan laut dari plastik dan ampah lainnya di sepanjang garis pantai yang dilanjutkan dengan pemasangan papan larangan merusak ekosistem pantai dan senam zumba di pinggir Pantai Kalaki.
                 Dijelaskan Hj. Nurma, gerakan bersih-bersih pantai yang mengundang para ASN Dinas Kelautan dan Perikanan, Camat Palibelo, Kades Panda, Vokasi Unram, BKIPM Bima dan Relawan Jao tersebut mengambil tempat di Pantai Kalaki Desa Panda mengingat besarnya volume sampah pada kawasan tersebut. 
                Dirinya menjelaskan, saat ini ekosistem laut dan pantai terus menghadapi ancaman sampah terutama sampah plastik. Untuk menanganinya, Pemerintah Kabupaten Bima berkomitmen melakukan berbagai langkah, salah satunya melalui gerakan menghadap laut dengan beragam kegiatan membersihkan laut dan pantai. Disamping itu juga memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar lokasi wisata agar berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan pesisir dan laut.
               Gerakan Menghadap ke Laut merupakan program yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti sebagai agenda tahunan dalam aksi Rencana Nasional pengurangan sampah yang masuk ke laut.               


(Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima didukung oleh Tim Komunikasi Publik Diskominfostik)


> Pembangunan Menara Telekomunikasi Di Kabupaten Bima, Ini Lokasinya
> Perjuangan Panjang Pemkab Bima Membangun Tower, Ini Hasilnya
> Fahru: Dinas Kominfostik, Rumah Bagi Media
> Program INOVASI Berikan Pembekalan Literasi Lanjutan Bagi Guru
> Terima Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, Pemkab Bima Dapat DID 7,6 Miliar Rupiah
> Buka Wokshop Aplikasi Siskeudes, Bupati Tekankan Pentingnya Mematuhi Regulasi