Responsive image

Agenda Pembangunan

Senin, 25 Juni 2012 admin Cetak

1.Agenda Perwujudan Masyarakat Maju, Mandiri, dan Sejahtera

Masyarakat maju, mandiri, dan sejahtera mengandung makna terpenuhinya kebutuhan dasar (material dan spiritual) dan kebutuhan penunjang lainnya secara mandiri dan berkelanjutan untuk memenuhi standar hidup yang lebih baik/layak.
Program - Program Pembangunan :

  1. Program Peningkatan Ekonomi Masyarakat Miskin
    Program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat guna meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan melalui pemanfaatan sumber daya yang ada secara optimal, dan mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin dalam mengakses kebutuhan dasar dan infrastruktur sosial ekonomi.
  2. Program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat
    Program ini bertujuan untuk memajukan kondisi kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui penataan ekonomi kerakyatan dan penciptaan iklim usaha yang kondusif.
  3. Program Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pemerintah
    Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas SDM daerah dalam mendukung pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Program Pembangunan Ketenagakerjaan
    Program ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan, keahlian, kompetensi tenaga kerja dan kesempatan kerja produktif, menciptakan keharmonisan kerja serta mendorong mobilitas tenaga kerja dalam rangka mengurangi angka pengangguran (pengangguran terselubung dan setengah penganggur).
  5. Program Pembangunan Perdesaan
    Program ini bertujuan untuk membangun kawasan perdesaan melalui peningkatan infrastruktur perdesaan, peningkatan kapasitas pemerintah di tingkat lokal, meningkatkan produktivitas dan nilai tambah usaha ekonomi di kawasan perdesaan, serta meningkatkan keterkaitan antara sektor pertanian dan non pertanian.
  6. Program Peningkatan Perlindungan dan Kesejahteraan Sosial
    Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi para penyandang kesejahteraan sosial, meningkatkan keberdayaan sosial dan kualitas hidup fakir miskin, peningkatan dan pengembangan kebijakan sosial di daerah, meningkatan kualitas manajemen pelayanan kesejahteraan sosial, serta memberikan bantuan dasar kesejahteraan bagi korban bencana alam.
  7. Program Percepatan Pembangunan Infrastruktur
    Program ini ditujukan untuk membuka keterisolasian wilayah dan meningkatkan pendistribusian hasil-hasil produksi pertanian, mengoptimalkan pemanfaatan prasarana jalan, penyebrangan laut, dan udara yang telah dimiliki, meningkatkan pemerataan penerangan listrik bagi daerah perdesaan dan terpencil, penyediaan air bersih dan penataan sumber daya air.
  8. Program Peningkatan Peran Serta Perempuan dalam Pembangunan Daerah
    Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup, peran dan kedudukan perempuan diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan sehingga tercipta kemandirian dan kesetaraan gender.
  9. Program Pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana, Pemuda dan Olahraga
    Program ini bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk, pendataan kependudukan serta memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan keluarga berencana dalam rangka membangun keluarga kecil berkualitas. Di sisi lain, program ini ditujukan untuk mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas pemuda pada bebagai bidang kehidupan, termasuk bidang olahraga.
  10. Program Peningkatan Ketahanan Sosial Budaya
    Program ini bertujuan untuk menciptakan keserasian hubungan antara komunitas sosial dan antar budaya daerah, memperkuat jati diri dan identitas daerah, dan menciptakan kecintaan masyarakat terhadap budaya daerah.
  11. Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)
    Program ini bertujuan untuk memfasilitasi terselenggaranya lingkungan usaha yang efisien secara ekonomi, sehat dalam persaingan, peningkatan kinerja usaha UMKM, mempeluas akses UMKM kepada sumber daya produktif, dan mengembangkan semangat kewirausahaan, serta meningkatkan pendapatan masyarakat yang bergerak dalam kegiatan ekonomi sektor informal yang berskala kecil.
  12. Program Peningkatan Kesehatan Masyarakat
    Program ini bertujuan untuk memberdayakan individu, keluarga, dan masyarakat agar menumbuhkan prilaku hidup sehat, mewujudkan mutu lingkungan hidup yang lebih sehat, meningkatkan pemerataan kualitas pelayanan kesehatan melalui puskesmas, meningkatkan penyebaran tenaga kesehatan, meningkatkan kesadaran gizi masyarakat, serta menjamin ketersediaan dan keterjangkuan obat bagi kebutuhann masyarakat.
  13. Program Peningkatan Pendidikan Masyarakat
    Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat dalam memperoleh mutu pelayanan pendidikan yang berkualitas dan memadai, pemerataan pendidikan bagi penduduk laki-laki dan perempuan baik melalui jalur formal seperti pendidikan usia dini, pendidikan dasar 9 tahun, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi maupun melaui jalur non formal seperti kursus, pelatihan, dan magang sehingga dapat berkontribusi secara optimal dalam pembangunan. Disamping itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM bidang pendidikan.
  14. Program Peningkatan Stabilitas, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat
    Program ini bertujuan untuk meningkatkan stabilitas, keamanan, ketertiban, dan keharmonisan hidup masyarakat serta terciptanya situasi yang kondusif bagi pelaksanaan pembangunan daerah. Indikasi tercapainya program ini terukur dari semakin berkurangnya konflik horisontal dan penyakit sosial lainnya.

    Agenda pembangunan 2 dan 3 ...
    Agenda Pembangunan 4 ...
    Agenda Pembangunan 5 dan 6 ...
    Tinjauan dan Analisis Pertumbuhan Ekonomi...