Responsive image

Tata Cara Pengajuan Keberatan

Selasa, 21 Oktober 2014 admin Cetak

TATA CARA PENGADUAN KEBERATAN
MELALUI KOMISI INFORMASI
(Pasal 35 dan 36 UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik)

   
Pasal 35
  1. Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi berdasarkan alasan berikut:
 a.
 
penolakan atas permintaan informasi berdasarkan alasan pengecualian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17;
 

b. 

tidak disediakannya informasi berkala sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9;
 

c. 

tidak ditanggapinya permintaan informasi;
 d.
permintaan informasi ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
 e.
tidak dipenuhinya permintaan informasi;
 f.
pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
 g.
penyampaian informasi yang melebihi waktu yang diatur dalam Undang­Undang ini2

2. 

Alasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b sampai dengan huruf g dapat diselesaikan secara musyawarah oleh kedua belah pihak.

 

Pasal 36
    1. Keberatan diajukan oleh Pemohon Informasi Publik dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah ditemukannya alasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 ayat (1).
    2. Atasan pejabat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 ayat (1) memberikan tanggapan atas keberatan yang diajukan oleh Pemohon Informasi Publik dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak diterimanya keberatan secara tertulis.
    3. Alasan tertulis disertakan bersama tanggapan apabila atasan pejabat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 ayat (1) menguatkan putusan yang ditetapkan oleh bawahannya.