Responsive image

Alur Penyusunan DIP

Jum`at, 17 Oktober 2014 admin Cetak


ALUR PENYUSUNAN DAFTAR INFORMASI PUBLIK

 

Keterangan :

  1. Mengirimkan Form Daftar Informasi Publik. PPID  Kabupaten  mengirimkan Form Daftar Informasi Publik kepada PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional pada satuan kerja dan unit pelaksana teknis.
  2. Melengkapi Form Daftar Informasi Publik. PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional mengisi atau melengkapi isian Form Daftar Informasi Publik.
  3. Pengembalian Form Daftar Informasi Publik. PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional mengirimkan kembali Form Daftar Informasi Publik yang telah dilengkapi kepada PPID Kabupaten. Pengiriman kembali itu dapat dilakukan, sebagaimana pengirimannya kepada PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional, secara manual maupun elektronik.
  4. Verifikasi Form Daftar Informasi Publik. PPID  Kabupaten  melakukan verifikasi terhadap Form Daftar Informasi Publik yang berasal dari PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional. Verifikasi dilakukan oleh PPID Kabupaten, mengacu kepada UU KIP dan Perki Nomor 1 Tahun 2010, dan dengan melibatkan pihak-pihak terkait, seperti Kepala PPID SKPD, dan  dapat juga melibatkan Tim Pertimbangan pelayanan Informasi. (1) Verifikasi dilakukan oleh PPID Kabupaten dengan sesuai ketentuan perundangan, UU KIP, Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 dan melibatkan pihak-pihak terkait seperti kepala PPID SKPD, Bagian hukum dan Tim Pertimbangan pelayanan informasi terkait. (2) Verifikasi dilakukan juga menyangkut informasi yang dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan oleh PPID SKPD. Dalam tahap ini PPID Kabupaten melakukan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan tersebut.   
  5. Penetapan Daftar Informasi Publik. Verifikasi yang dilakukan oleh PPID Kabupaten terhadap usulan Daftar Informasi Publik dari PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional akan ditetapkan oleh PPID Kabupaten, melalui surat penetapan DIP, dengan persetujuan dari Sekretaris Daerah sebagai Atasan PPID  Kabupaten, sebagai Daftar Informasi Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima.
  6. Pengiriman Daftar Informasi Publik. PPID  Kabupaten  mengirimkan Daftar Informasi Publik kepada PPID SKPD dan seluruh unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bima. Hasil penetapan Daftar Informasi Publik tersebut dikirim oleh PPID Kabupaten kepada PPID SKPD dan/atau pejabat fungsional di seluruh unit kerja, baik berupa satuan kerja maupun unit pelaksana teknis, dalam lingkungan badan publik yang bersangkutan.
  7. Format form daftar Informasi Publik sebagaimana yang dimaksud pada huruf a terdapat dalam lampiran 1 keputusan ini

    Download alur penyusunan DIP