Blog Post

07 Mar
By: bima 0 0

Informasi Publik

RENCANA STRATEGIS (RENSTRA) PELAYANAN INFORMASI PUBLIK 2018


Salah satu prasyarat penting dalam berdemokrasi adalah tata kelola pemerintahan yang  baik  (good  governance)  dengan  menekankan  inisiatif  perubahan  pada birokrasi pemerintah dan partisipasi masyarakat umum.

UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengamatkan bahwa setiap badan publik harus menyelenggarakan pelayanan publik dengan sebaik-baiknya. Publik  adalah  stakeholders  yang  berhak  memperoleh  pelayanan  badan  publik sesuai peran dan fungsi badan publik bersangkutan.

Selanjutnya, terbitnya UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) adalah untuk memfasilitasi sinergi antara pemerintah dengan masyarakat. Menurut United National Development Program (UNDP), dari 14 komponen good governance terdapat tiga hal yang diusahakan dipenuhi oleh terbitnya UU tersebut, yaitu partisipasi masyarakat, transparansi, dan akuntabilitas.

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan  lingkungan  sosialnya,  serta  merupakan  bagian  penting  bagi  ketahanan nasional.  Disamping itu,  hak  memperoleh  informasi  juga  merupakan  hak  asasi manusia  dan  keterbukaan  informasi  publik  merupakan  salah  satu  ciri  penting negara demokrasi yang menjunjung tinggi hak dan kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Keterbukaan informasi publik merupakan sarana untuk mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya, juga pihak-pihak lain yang dapat berakibat pada kepentingan publik. Sehingga pengelolaan informasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

Sistem   yang   demokratis   perlu   memberi   ruang   dan   kepercayaan   kepada masyarakat, disamping juga perlu melibatkan peran sertanya sesuai dengan Pasal 28 F UUD 1945 bahwa :

Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *