Ikuti Lomba, Desa Nggembe Kembangkan Potensi Berbasis Sumber Daya Lokal

Ikuti Lomba, Desa Nggembe Kembangkan Potensi Berbasis Sumber Daya Lokal


Kominfo | 01 Mei 2019 | Dibaca 87 kali | Bupati Wakil Bupati Diskominfostik


WARTA KOMINFO. Setelah merampungkan kunjungan penilaian ke Kecamatan Sanggar dan Tambora Selasa (30/4) Tim Penilaian Lomba Desa dan Lomba Posyandu Terintegrasi Tingkat Kabupaten Bima yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Drs. Sirajudin, AP, MM bersama 17 orang anggota tim melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Bolo dan Madapangga.

Pada Penilaian di desa Nggembe, Penjabat Kades Adnan, S.Sos  memaparkan aspek kewilayahan dan produk unggulan desa yang dipimpinnya dihadapan tim penilai, Camat dan Muspika Kecamatan Bolo, kepala desa, kepala UPTD Dinas, ketua BPD dan lembaga Desa se Kecamatan Bolo .

BACA JUGA : Tim Penilaian Lomba Desa Disambut Kareku Kandei di Labuhan Kananga Tambora

Salah satu aspek yang menonjol di desa Nggembe menurut Kades adalah kegiatan yang mendorong perekonomian lokal berbasis potensi sumberdaya dan kearifan lokal.

Sektor pertanian menjadi potensi unggulan yang dikembangkan di desa Nggembe, oleh karena itu melalui dukungan anggaran desa yang ada pemerintah desa telah melakukan pemberdayaan dan penguatan kelompok tani.

Sehingga mampu berkiprah dan meraih prestasi baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional. Hasilnya, pada pada tahun lalu Desa Nggembe berhasil meraih Juara I lomba kelompok tani berprestasi tingkat Provinsi NTB dengan  menampilkan produk benih unggul sertifikasi".

Di tahun yang sama salah seorang petani desa Nggembe juga menjadi petani teladan tingkat nasional. "Bisa saya sampaikan kalau mau mencari benih unggul, di desa Nggembe tempatnya". Ujar Kades.

Untuk mendukung capaian sektor pertanian ini, Pemerintah Desa Nggembe juga telah melakukan peningkatan kapasitas baik produksi pertanian maupun kapasitas manajemen usaha dan permodalan melalui BUMDES.

"Pembibitan tanaman, peternakan, perkebunan, produk pupuk kompos dan pakan ternak melalui usaha ekonomi mikro menjadi produk unggulan yang ditujukan bagi peningkatan pendapatan usaha masyarakat". Terang Kades.

Sebelumnya, Camat Bolo Mardiana, SH dalam pengantar penerimaan tim mengatakan bahwa penunjukan desa Nggembe untuk mewakili Kecamatan Bolo pada Lomba Desa tahun ini mengacu kepada administrasi desa yang cukup baik dan mampu menyusun APBDes dan regulasi berkaitan dengan tata kelola keuangan di tingkat desa.

"Artinya sumber daya aparatur desa dan BPD beserta seluruh elemen di desa Nggembe benar-benar menyadari pentingnya pengukuran dan evaluasi capaian keberhasilan program pembangunan di tingkat desa". Terang Mardiana.

Senada dengan Camat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bima  Drs Sirajudin AP, MM selaku Ketua Tim Penilai dalam arahannya menyampaikan bahwa kebersamaan dan antusiasme yang tinggi seluruh komponen masyarakat dalam menyambut lomba menjadi salah satu poin penting ". Ungkap Kadis.

Di akhir sambutannya Sirajudin mengharapkan agar pemerintah desa mencermati hasil evaluasi yang dilakukan oleh Tim pada beberapa aspek penilaian.

Mohon dicermati sejumlah indikator penilaian seperti administrasi desa, bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi,  partisipasi masyarakat, ketentraman dan ketertiban, pengelolaan keuangan, pemerintahan desa, pembangunan  keagamaan, Bumdes dan pelayanan Posyandu". Harap Kadis.

[Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bima didukung oleh Tim Komunikasi Publik Diskominfostik]