Nurdin : Aplikasi Ncundu dan NTB Care Hadir sebagai Bentuk Tanggung Jawab Pemerintah

Nurdin : Aplikasi Ncundu dan NTB Care Hadir sebagai Bentuk Tanggung Jawab Pemerintah


Kominfo | 30 April 2019 | Dibaca 127 kali | Bupati Wakil Bupati Diskominfostik


WARTA KOMINFO. Dinas Komuniikasi Informasi dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima melalui Bidang Pnegelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi “Ncundu” dan NTB Care di Kecamatan Sape dan Lambu. Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa, BPD, Karang Taruna, Tokoh Pemuda dan beberapa perwakilan dari unsur masyarakat Kecamatan Sape dan Lambu, bertempat di aula Kantar Kecamatan Sape, Selasa (30/4).

Sekretaris Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, Drs. Nurdin M. Said dalam sambutannya, menjelaskan aplikasi "Ncundu" dan "NTB Care" hadir sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam merespon dengan cepat keluhan dan pengaduan masyarakat atas berbagai pelayanan publik.

Disamping itu, aplikasi “Ncundu” dan “NTB Care” merupakan terobosan untuk mengurangi kesenjangan informasi dan memberikan peluang kepada masyarakat untuk menyampaikan keluhan kepada pemerintah daerah melalui aplikasi. “Jelas Nurdin menutup sambutannya.

Sebelumnya, Sekretaris Camat Sape, H. Anwar H. Ishaka menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, Sekcam berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga dapat menerapkannya di tengah masyarakat. “kegiatan sosialisasi aplikasi “Ncundu” dan “NTB Care” dapat dimaksimalkan oleh peserta yang hadir, terutama dari segi pemanfaatan, “harap Anwar.

Sosialisasi dan bimtek dilanjutkan dengan pemaparan teknis terkait aplikasi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Pengendalian, Muhammad Irfan, ST.,M.Eng Kepala Seksi Aplikasi dan Tata Kelola Informatika, Anwar, ST,.MT serta Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Pengelolaan Informasi Elektronik, Muhammad Syahdan, ST

Materi yang disampaikan mulai dari pemanfaatan teknologi informasi dan penyampaian teknis penggunaan serta tata kelola aplikasi “Ncundu” dan “NTB Care”. Irfan ST.,M.Eng pada kesempatan pertama menyampaikan manajemen kebijakan pengelolaan teknologi informasi dan pengembangan, target serta program prioritas dalam pengembangan infrastruktur teknologi informasi.

Dikatakan Irfan, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Diskominfostik telah membangun pusat data (data center) yang tahun ini sudah mulai berjalan sehingga seluruh data akan terintegraasikan pada satu pusat data. Target utama lainnya, tahun 2020 pemerintah daerah menargetkan seluruh desa dan sekolah akan terlayani oleh jaringan. “tutup Irfan.

Sosialisasi pelaksanaan teknis aplikasi pengaduan “Ncundu” dan NTB Care disampaikan secara bergantian oleh Anwar, ST.,MT dan Muhammad Syahdan, ST. yang mencakup pemaparan teknis aplikasi pengaduan “Ncundu” dan “NTB Care”.

Dijelaskan, aplikasi “Ncundu” dan “NTB Care” memakai platform mobile app sehingga aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone baik yang berbasis android maupun ios. Diuraikan pula tata kelola, manajemen serta implementasi serta peran aktif masyarakat dalam pemanfaatan aplikasi.  

Pada akhir kegiatan, peserta sosialisasi diarahkan untuk melakukan instalansi aplikasi yang disertai penjelasan pemanfaatan secara teknis aplikasi. Proses instalasi aplikasi secara langsung dibimbing oleh narasumber.

[Tim Komunikasi Publik Diskominfostik]