Kepala Balitbang Kemendikbud: Guru itu Harus Kreatif

Kepala Balitbang Kemendikbud: Guru itu Harus Kreatif


Kominfo | 24 April 2019 | Dibaca 91 kali |


WARTA KOMINFO. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Ir Totok Suprayitno P.hD, bersama timnya Selasa (24/4) mengunjungi Sekolah Dasar Negeri 1 Teke, Kecamatan Palibelo.

Kunjungan ini untuk melihat pencapaian dari program pengembangan keterampilan literasi dasar yang saat ini tengah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bima bekerjasama dengan Program INOVASI di sekolah tersebut. Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M Noer, Camat Palibelo Drs. Darwis bersama jajarannya serta tim INOVASI juga turut hadir mendampingi.

Pada kunjungan tersebut, Totok Suprayitno diperlihatkan suasana 'ruang kelas literasi' yang merupakan hasil dari program INOVASI. Setelah itu, Para guru dan kepala sekolah mendapat kesempatan untuk berbagi cerita tentang pengalaman mereka selama mengikuti program ini. Para guru menyampaikan mereka banyak terbantu setelah mengikuti program ini.
Totok sendiri berpesan agar guru tidak perlu ragu untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam mengajar di dalam kelas, sebab tidak ada aturan khusus yang membatasi itu. Dia mendorong agar guru menemukan cara-cara baru dalam mengajar yang bisa diterima dengan baik oleh anak didik.

"Pengembangan ruang kelas seperti ini, misalnya, tidak ada aturan khusus bahwa ruang kelas itu harus seperti apa. Silahkan kembangkan. Tak perlu juga mesti menunggu ada aturannya baru mau berbuat," tegas Totok.

Totok juga menitip pesan pada Kepala sekolah serta pihak-pihak terkait untuk terus mendukung hal-hal kreatif yang sudah dilakukan oleh para guru di ruang kelas. .
Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati menyampaikan bahwa dirinya sudah menerima banyak laporan baik tentang manfaat dari program ini dan bahkan melihat langsung di sekolah-sekolah.
Lebih lanjut Dahlan menyebutkan bahwa program ini sangat relevan dengan semangat Kabupaten Bima untuk menjadi Kabupaten literasi.

"Jadi, saya berharap apa yang sudah kita capai melalui program ini bisa tetap dipertahankan dan bahkan di kembangkan. Saya siap mendukung, karena ini sejalan dengan semangat kita," papar Wakil Bupati.
Kunjungan ke SDN 1 Teke ini sendiri merupakan bagian dari kunjungan dan Monitoring pelaksanaan UNBK SD dan SMP di Kabupaten Bima serta kota Bima.

[Program INOVASI Bima didukung oleh Tim Komunikasi Publik Diskominfostik]