Tiga tahun IDP - Dahlan, Angka Kemiskinan Menurun, IPM Meningkat

Tiga tahun IDP - Dahlan, Angka Kemiskinan Menurun, IPM Meningkat


Kominfo | 30 Maret 2019 | Dibaca 61 kali | Bupati Wakil Bupati Diskominfostik


WARTAKO MINFO. Capaian sejumlah bidang pembangunan di dalam rentang waktu 3 tahun terakhir bawah kepemimpinan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati H. Dahlan M. Noer menunjukkan trend positif.

Beberapa capaian tersebut disampaikan Bupati Bima pada Rapat Paripurna ke-3 DPRD Kabupaten Bima tentang Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2018 Sabtu (30/3) di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Bima.
Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Bima Ny. Murni Suciyanti tersebut, Bupati mengatakan bahwa angka kemiskinan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terus mengalami penurunan.

Baca Juga : Bupati Bima : Pertumbuhan Ekonomi Alami Peningkatan

"Pada tahun 2016 Angka kemiskinan di Kabupaten Bima berada pada kisaran 15,31%, menjadi 15,10% pada tahun 2017 dan menjadi tahun 2018 menjadi 14,84%". Ungkap Bupati.
Secara khusus, Bupati juga memaparkan capaian upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. "Aspek kualitas indeks pembangunan manusia (IPM) terus mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2015 berada pada angka 63,48 dan menjadi 64,15 pada tahun 2016. Angka ini terus mengalami peningkatan menjadi 65,01 di tahun 2017 dan berada 65,66 di tahun 2018.

Dijelaskan Bupati, terjadinya penurunan angka kemiskinan dan peningkatan IPM ini tidak terlepas dari upaya semua pihak dalam melaksanakan program penanggulangan kemiskinan dengan sasaran yang tepat.

"Peningkatan kapasitas SDM, penciptaan wirausaha baru dan lapangan kerja baru serta pemberdayaan ekonomi kreatif ke depan akan terus dioptimalkan lagi pencapaian program yang tepat sasaran". Terang Bupati.

[Tim Komunikasi Publik Diskominfostik Kabupaten Bima]