Responsive image

Paska Banjir, Wabup Tinjau Infrastruktur Pendidikan dan Pengairan di Monta

Kamis, 30 Maret 2017 admin Berita Terkini Cetak
Paska Banjir,  Wabup Tinjau Infrastruktur Pendidikan dan Pengairan di Monta

Usai melakukan Infrastruktur Mendadak (Sidak) Sekolah Dasar di Kecamatan Woha, Rabu (29/3) Waki Bupati Bima H. Dahlan M. Noer didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bima Drs. H. Supratman,AS,  MSi bertolak ke Kecamatan Monta.

Di Monta, Wabup Meninjau Infrastruktur Pengairan dan Pendidikan. SMPN 1 Monta menjadi lokasi awal peninjauan seuruh ruang belajar. Setelah melakukan pengecekan, Dahlan yang di dampingi Kepala UPT Dikbudpora Kecamatan Monta, Ketua Komite Sekolah dan Kepala Sekolah setepat Dra. Afrida meakukan pebahasan kondisi sekolah.

Wabup memaparkan, Sidak bukan sekedar melihat, tapi menekankan tindakan nyata untuk melakukan perbaikan di lapangan. “Ruag Kesenian SMPN 1 Monta yang dalam dua tahun terakhir roboh tidak boleh dibiarkan terbengkalai. Sebab ini akan menghilangkan motifasi beajar siswa dan semangat mengajar para Guru”. Tegas Wabup.

Karena itu, kata Wabup, Camat, Kepala UPT terkait dan pihak sekolah segera berkoordinasi menangani dampak  banjir agar persoalan tidak berlarut-larut. Nanti, setelah laporan disampaikan kepada kepala Daerah, Bupati dan Wakil Bupati akan terus melakukan kounikasi intensif  dengan Kenterian Pendidikan dan Kebudayaan agar Dana APBD Provinsi dapat dimanfaatkan untuk mendukung rehabilitasi ranga belajar yang terdampak bencana”. Terang Dahlan.  

Selain meninjau SMPN 1 Monta dan SDN Tangga,  Wakil Bupati juga melihat dari dekat kondisi Cekdam Desa Tangga yang jebol diterjang banjir. Pada kesempatan tersebut Kades diinstruksikanuntuk menyampaikan laporan kerusakan dan kemudian ditindak lanjuti dengan survey oleh Kepala Bidang Pengairan Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Bima Zaharudin, ST,MT

Bebeapa saat kemudian, Wabup Dahlan turun ke pemukiman warga DesaTangga untuk memeriksa kondisi rumah warga yang tinggal disepanjang alur sungai yang berasal dari Cekdam.

Setelah memberikan arahan, Wabup melanjutkan kunjungan ke Dam So Bote Nao Desa Sie untuk melihat dari dekat saluraninduk pengairan sepanjang 60 Meter yang jebol akibat 2kali  diterjang banjir. Kepada tokoh  masyarakat dan petani yang menyertai penjualan, Dahlan mengatakan,” Pemerintah  berterima kasih atas laporan para ptani dan berkomiten memperhatikan setiap aspirasi masyarakat. Untuk perbaikan kerusakan sauran Dam Desa Sie, “ Peerintah sudah mempersiapkan anggaran yang anggarannya satu paket dengan perbaikan infrastruktur pengairan  Dam Pelaparado”. Jelas Wabup.

 (Nara  Sumber Yansuryadin).