Responsive image

Menyoal Kampung Media

Senin, 10 April 2017 admin Berita Terkini Cetak

Beberapa hari terakhir marak pemberitaan, pro dan kontral tentang keberadaan kampunng Media dan Komunitas Kampung Media Makembo yang mendapat kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima. Bahkan perdebatan di akun Facebook Bima Mawardi itu telah menyinggung perasaan saya sebagai pribadi dan Aparatur Sipil Negara, serta teman-teman Komunitas Budaya Makembo. Untuk itu, pada kesempatan ini saya ingin sedikit memaparkan tentang Kampung Media dan kiprah saya selama ini di dalamnya serta kegiatan tulis menulis yang selama ini saya jalani.

Kampung Media NTB adalah program bottom-up penyebarluasan informasi yang pada tahun 2009 digagas oleh teman-teman di komunitas Portal Mataram atau Pelopor RT Digital. Kegiatan mereka mendapat perhatian dari Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dan mulailah digagas fasilitasi pembentukan komunitas Kampung Media Se- NTB. Gayung bersambut, Komunitas Kampung Media terbentuk seluruh NTB dengan beragam kegiatan dan penyebarluasan informasi yang berbsis kampung, tetapi tidak kampungan. 
Di kota dan Kabupaten Bima terbentuklah KM.Sarangge, Tembe Nggoli,Nggusu Waru, Rasanae Barat, Samparaja, Ngguwu Mbojo, Jomba Mbojo, Tantonga, Bolo, Pasar Sila, Portal Hipmas, Monggo Runggu, Soromandi, Makembo dan lain-lainnya. Hingga tahun 2015 komunitas kampung media terus berkembang dan Portal Kampung Media menjadi portal terbuka seperti Kompassiana dan bahkan pribadi-pribadi dari berbagai latar belakang profesi dan keilmuan turut berkiprah mengisi informasi melalui artikel,opini, future dan pemberitaan. Enegi positif dari dukungan komunitas ini telah menjadi program Kampung Media menjadi program unggulan NTB dan meraih TOP inovasi dari Kementrian Kominfo serta kepala Kampung Media Fairuz Abadi (Abu Macel ) diundang ke beberapa Negara tentang kampong media melalui Moto “ Strenght In Our Own Page (Kekuatan Ada Di Halaman Sendiri) dan pesan “ Sampaikanlah informasi bermanfaat meskipun satu kalimat”. Keberadaan kampung media sesungguhnya bukanlah saingan media-media yang ada, tetapi merupakan patner dalam penyebarluasan informasi karena tidak semua informasi dapat diekspose oleh media yang ada. Dalam aktifitas penulisannya, komunitas kampung media tidak mengangkat berita-berita kasus, tetapi murni mengangkat informasi kampung dan kegiatan komunitas masing-masing.

Saya telah aktif di kampung media sejak tahun 2009 dan menjadi pelopor terbentuknya Kampung Media Sarangge di Kota Bima yang secara khusus mengangkat informasi tentang Kuliner tradisional dan komoditi unggulan di Bima. Kemudian atas prakarsa teman-teman Makembo terbentuk pula komunitas Kampung Media Makembo yang basis penulisannya adalah tentang budaya dan Pariwisata Mbojo. Setiap kegiatan Makembo ditulis dan diposting di website www.kampung-media.com sebagai portal bersama seluruh komunitas kampung media.

Pada tahun 2017 ini Kampung Media Makembo mendapat kerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima dalam rangka penyebarluasan informasi tentang pariwisata. Dalam kaitan dengan ini, Kampung Media bukanlah organisasi pers/media, tetapi merupakan program bottom –up penyebarluasan infrormasi yang dilakukan komunitas. Menjawab ragam pertanyaan dan pernyataan tentang hal ini, saya tegaskan bahwa kampung media adalah legal karena merupakan program pemerintah dan mendapatkan atensi nasional maupun internasional. Lalu, keberadaan komunitas yang menjalin kerja sama dengan pemerintah dan para pihak adalah legal sepanjang hal itu dilakukan sesuai ketentuan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Berkaitan dengan kiprah saya di luar kedinasan dalam berbagai kegiatan seni budaya dan kampong media adalah legal karena itu hak setiap warga Negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah, bangsa dan Negara. Saya tidak pernah memanfaatkan dan menyalahgunakan jabatan dan kedudukan saya sebagai ASN untuk kepentingan kegiatan komunitas maupun kampung media, karena hal itu murni kegiatan seorang ASN diuar kedinasan. Bahkan saya mau dilaporkan ke Instpektorat. Apa Materi Pelanggaran yang saya lakukan ? Posisi saya sama dengan teman-teman ASN yang juga berkiprah dalam berbagai organisasi sosial kemasyarakatan dan kebudayaan.

Semoga mencerahkan meski di pagi yang masih mendung……!