Responsive image

Formasi Sila Yogyakarta Menguasai Panggung Futsal NTB Se-Pulau Jawa

Kamis, 1 Desember 2016 admin Berita Terkini Cetak
Formasi Sila Yogyakarta Menguasai Panggung Futsal NTB Se-Pulau Jawa

Masih segar diingatan kita ketika Forum Mahasiswa Sila (Formasi) Yogyakarta merajai Turnamen Futsal Nusantara 2-3 April 2016 lalu setelah dipartai puncak mempecundangi ketangguhan Tim Papua Barat dengan skor tipis 4-3. Kali ini, lagi dan lagi  Forum Mahasiswa Sila (Formasi) Yogyakarta semakin mempertegas dominasinya dalam ajang prestisius Futsal lainnya yakni melibatkan mahasiswa Nusa Tenggara Barat se-Pulau Jawa dengan menjadi jawara turnamen FUTSAL DOMPU CUP 5 Yogyakarta 26 – 27 November 2016. Penasbihan ini tidaklah berlebihan karena sejatinya turnamen yang di ikuti oleh 32 tim ini menempatkan partai puncak yang menakjubkan sekaligus mencengangkan dengan mempertemukan “all Formasi Final’s” yaitu Formasi Sila A VS Formasi Sila B, semantara satu  tim Formasi lainnya yakni Formasi Jara Tua Alay (JTA) tersingkir di perempatfinal. (Foto lengnkap)

Tinta sejarah kegemilangan Forum Mahasiswa Sila (Formasi) Yogyakarta dalam mengawinkan final idaman ini yakni tim A dan B tertulis dengan indah dalam rubrik kultural mahasiswa Nusa Tenggara Barat se-Pulau Jawa. Tentu saja ini bukan perkara mudah menyandingkan dua tim sekaligus dipartai puncak sebuah turnamen bergengsi, akan tetapi melalui perjuangan ekstra, kerja keras dan do,a serta dukungan semangat dari segenap warga Sila di Yogyakarta yang membanjiri venue pertandingan, sehingga kilaunya prestasi ini bisa digenggam.

Langkah Formasi A sebagai tim langganan juara turnamen Futsal, sejak awal telah diprediksi tidak akan terlalu menemui batu sandungan. Hal tersebut terbukti dengan skor-skor yang fantastis yang diawali dengan menggulung tim Forkasy Tente Yogyakarta dengan skor 4-0, menumbangkan Dompu Raya A dengan skor 4-1, menghempaskan Pasaka Kalampa Yogyakarta 5-2, memenangkan pertempuran melawan Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Dompu (IKPMD) Yogyakarta 4-3. Pertandingan bergengsi tersaji di babak semifinal ini dengan mempertemukan tim tangguh Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Dompu (IKPMD) Yogyakarta dengan Formasi A. Atmosfir panas langsung disuguhkan kedua tim dari awal laga dengan saling mengintimidasi pertahanan lawan masing-masing. Jual beli serangan nampaknya mendominasi laga seru ini, akan tetapi kesolidan tim Formasi A berhasil mengungguli IKPMD 1-0 oleh aksi Yadin Atma. Kenggulan ini benar-benar dimanfaatkan oleh kubu Formasi A dengan terus mengempur pertahanan IKPMD. Alhasil gol kedua tercipta berkat kepiawaian seorang Yusran “aguero” Atma Putra (begitu julukannya) dengan menempatkan bola di pojok kanan gawang lawan. Keunggulan Formasi A tidak bertahan lama karena IKPMD berhasil memperkecil ketertinggalan, skor 2-1. Formasi A kembali mengusung permainan cantik dan menyerang, kombinasi serangan yang diperagakkan oleh anak-anak Formasi berhasil disempurnakan oleh Arif Rahman A.Hamid menjadi gol, skor berubah 3-1. Memasuki babak kedua, kendali permainan dipegang oleh IKPMD. Inisiatif serangan selalu diperankan oleh para pemain IKPMD. Usaha ini tidaklah sia-sia karena Formasi A harus rela jala gawangnya dibobol dua kali berturut-turut sehingga skor 3-3. Seakan waktu telah mengisyaratkan selesai, insting gemilang dari Arif Rahman A. Hamid secara menakjubkan mampu mempecundangi kiper IKPMD Dompu dengan sepakan kaki kiri terukur sekaligus memupus ambisi tuan rumah IKPMD Dompu untuk melaju ke partai puncak. Pluit panjang penanda selesai pertandingan dengan skor tipis 4-3 untuk raihan positif Formasi A.

Sementara perjalanan rekan muda Formasi B berjalan tertatih sampai menuju laga “All Formasin Finals”. Walaupun begitu, materi pemain yang didominasi oleh para awak belia ini (mahasiswa baru) sangat memukau dengan menampilkan kreasi permainan yang fantastis. Pertandingan pertama Formasi B mengalahkan Power Wera Yogyakarta 2-1. Partai kedua berhasil menang 3-1, semetara di perempat final meraih sukses 3-1 atas Sori Ijo Semarang dan di semifinal mampu menyabet tiket menuju puncak dengan skor 3-0 atas Lombok Timur. Laga berat tersaji ketika berhadapan dengan Sori Ijo Sape Semarang Jawa Tengah pada babak perempatfinal. Dalam pertandingan ini, Formasi B menerapkan pola serangan terukur dengan mengepung pertahanan Sori Ijo. Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan oleh pasukan muda Sila Yogyakarta akhirnya membuahkan hasil dengan Afif Ma’ruf sebagai aktor protagonis dengan membuka keran gol Formasi B, babak pertama berkesudahan 1-0. Paruh kedua baru berjalan, Sori Ijo Semarang berhasil menyamakan skor menjadi 1-1.  Laga semakin menarik, tensi pertandingan meninggi, namun kecerdikan Muhammad Adi Affandi berhasil merubah skor menjadi 2-1. Kredit poin patut diberikan kepada Wahyu Hidayat dan Muhammad Nizam yang silih berganti mengahadirkan permainan yang brilian dan sangat me nyulitkan lawan. Penampilan memukau dari mereka berdua memudahkan Afif mencatatkan namanya untuk kali kedua sebagai pencetak gol Fomasi B dengan keunggulan 3-1. Apresiasi  tinggi patut dialamatkan kepada Hailil yang menjadi tembok pertahanan Formasi B dengan partner tangguhnya Nur Qalbi Fadillah, Nisfu dan Adim pun tampil cukup baik sebagai penyeimbang kedalaman lini pertahanan, sementara penjaga gawang Yuliyanto yang didapuk menjadi kapten tim berhasil memimpin rekan-rekannya dengan semangat juang yang tinggi dan berhasil melaju sampai partai puncak.

Akhirnya, “All Formasin Finals” yang mempertemukan antara Tim Futsal Formasi A dan B dimenangkan oleh Formasi A dengan skor tipis 3-2. Momentum bersejarah ini tentu saja menjadi kado manis nan membanggakan bagi Forum Mahasiswa Sila (Formasi) Yogyakarta yang notabene berulangtahun ke 14 dalam kiprah keorganisasian di tanah Keraton Yogyakarta.

Pemain Formasi A

Pemain Formasi B

Pemain Formasi Jara Tua Alay

Rangga Muslim P (C)

Yuliyanto (C)

Muh Aqidah (C)

M. Syofyan (GK)

Hailil

Yushardianto (GK)

Abu Jihadil Yakin

Nurqalbi Fadillah

Abdul Latif

Yusran Atma Putra

Afif Ma’ruf

Ikhwanul Muslimin

Arif Rahman A. Hamid

Wahyu Hidayat

Edy Kurniawan

Dhana Amumory

M. Nizam

Yan Yan Supriatman

Arif Rahman Juwaid

Nisfu Sya’ban

Rizky Maulidani

Husni Mubarak

Adim Cahyadin

Khuluqin Khasanin

Yadin Atma

M. Adi Affan

Dhahwal Akbar

Deden Jauhari

Fikri Desy RY

Muhammad Mulajati

Tim Manager

Tim Manager

Tim Manager

Abdurahman Al Idrus

Rangga Muslim Perkasa

Abdul Haris

M. Fatoni, ST

Arman Surya Bima P

Ariyanto Muh Yusuf, ST

 

Pengirim Berita: M.Fatoni, ST (mahasiwa Pasca Sarjana Prodi Magister Pengelolaan Lingkungan

UGM Yogyakarta.) email: muh.fatoni.lingkungan@gmail.com